KELOMPOK TANI LUAK PAGA SAIYO IKUT BERPARTISIPASI AKTIF MENJALANKAN BERBAGAI PROGRAM PEMERINTAH DIBIDANG PERTANIAN GUNA MEWUJUDKAN MASYARAKAT TANI YANG MAKMUR DAN SEJAHTERA!

Kebun Bibit Rakyat (KBR)

   


     Kelompok Tani Luak Paga Saiyo merupakan satu satunya kelompok tani di Batu Basa yang mendapat kepercayaan dari Dinas Perkebunan Rokan  - Riau untuk melaksanakan pembibitan dalam program Kbr di Nagari Batu Basa Kecamatan Pariangan mendapat kepercayaan di bulan April 2019, pada Desember 2019 hasil dari pembibitan ini telah dirasakan manfaatnya khususnya untuk anggota Kelompok Tani Luakpaga Saiyo, umumnya untuk masyarakat sekitar yang mendapat jatah berupa bibit yang telah siap untuk ditanamkan. Diantara jenis bibit tersebut adalah :  Cengkeh, Durian, Petai, Pinang, Surian dan Alpokat.
     Seperti diketahui bahwa, Kebun Bibit Rakyat (KBR) merupakan salah satu program prioritas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2010. Dalam Peraturan Menteri LHK P.88/MENLHK/SETJEN/ KUM.1/8/2018 tentang Kebun Bibit Rakyat, KBR adalah kegiatan pembuatan bibit tanaman hutan penghasil kayu dan hasil hutan bukan kayu (HHBK), yang dikelola oleh lembaga desa/kelompok adat/kelompok masyarakat/ kelompok tani hutan perhutanan sosial, beranggotakan baik laki-laki dan/atau perempuan yang pembiayaannya bersumber dari dana pemerintah dan dipergunakan untuk penanaman sebagai bagian dari pemberdayaan masyarakat pada kegiatan Rehabilitasi Hutan dan Lahan. (skr/es)